Sabtu, 17 Maret 2012

Mahasiswa UNY adalah INSPIRASI


Mahasiswa adalah fenomena. Mahasiswa menjadi kelas sosial yang spesial, lantaran di satu sisi, ia dipercaya kelak, sebagai kelas pengganti bagi kelompok elite sosial politik yang kini berkuasa. Pada sisi yang lain, mitos modern telah mengelompokkannya sebagai kelompok elit dalam hal intelektualitas dan moralitas di tengah-tengah laju kehidupan masyarakat dan bangsanya. Itu sebabnya, narasi besar perubahan sosial politik di negara berkembang, seperti Indonesia, selalu memandang dan menampilkan kelas sosial mahasiswa sebagai salah satu aktor pelaku yang menentukan dalam narasi perubahan sosial politik.
Mahasiswa sebagai kontrol sosial tersebut dapat dipahami bahwa mahasiswa sebagai suatu kelompok masyarakat yang melakukan kontrol secara terencana maupun tidak dengan tujuan untuk mendidik, mengajak (paksaan/tidak) guna mematuhi kaidah dan nilai sosial tertentu yang dianggap benar. Secara umum tujuan kontrol sosial yang dilakukan mahasiswa biasanya adalah untuk mencapai keserasian antara kestabilan dengan perubahan dalam masyarakat dan kedamaian melalui keserasian antara kepastian dengan keadilan/kesebandingan.
Saudaraku, wahai Generasi Inspirasi,.. dalam jiwa ini terkandung banyak hak untuk orang tua, kakak, adik, saudara-saudara di sekeliling kita, masyarakat, bangsa, dan negara… Mereka mempunyai hak atas kita, mereka berhak menuntut kerja nyata dari kepedulian kita! 

Saudaraku,. Kita menyadari bahwa jalan yang kita tempuh ini adalah jalan yang penuh dengan berbagai macam rintangan, godaan, dan gangguan. Kita sadar bahwa perjuangan ini sangat membutuhkan banyak pengorbanan, baik waktu, harta, bahkan jiwa kita. Namun demikian, perjuangan ini tak akan berhenti sampai disini, perjuangan kita masih sangat panjang.

Berbahagialah saudaraku,karena kita masih diberikan kesempatan dan kekuatan untuk bisa bermanfaat bagi manusia yang lain, karena kita sadar bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling besar kontribusinya dan paling bermanfaat bagi orang lain.
Saudaraku, sekarang inilah saatnya kita memberi bukan selalu saja ingin menerima, saling berbagilah dengan saudara-saudara yang lain..berikanlah kontribusi terbaik kita untuk UNY dan bangsa Indonesia untuk kemudian kita persembahkan dengan ikhlas hanya kepada Tuhan pemilik segala urusan kita. Kita menyadari bahwa diri ini banyak kekurangan, tapi berusahalah untuk terus memberikan kontribusi terbaik sejauh yang kita mampu. Dan tentunya dengan saling menguatkan satu sama lain sebagaimana berada dalam barisan yang teratur seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.

“Pekerjaan-pekerjaan besar dalam sejarah hanya dapat diselesaikan oleh mereka yyang memiliki naluri kepahlawanan. Para pahlawan muncul pada situasi dan kondisi yang sulit atau sengaja dilahirkan dalam situasi dan kondisi yang sulit. Sejarah kepahlawanan muncul pada saat mereka mampu merespon tantangan-tantangan kehidupan yang berat. Pada setiap tantangan pasti ada jawaban. Dari respon itu akan lahir amal-amal besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar