Jumat, 02 Maret 2012

Tanam Pohon Pantai Kuwaru

Bersih Pantai
Penanaman Pohon

Pantai Kuwaru ialah pantai yang terletak di Dusun Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY. Kondisi topografi wisata Pantai Kuwaru mayoritas berkontur landai yang dimanfaatkan sebagai persawahan perbukitan, namun juga terdapat bukit landai. Pada kawasan Pantai kuwaru ini memiliki kondisi geografis yang cukup berpotensi untuk dikembangkan. Pada bibir pantai saja air tanahnya tanpa melalui proses penyulingan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan penduduk sedangkan untuk sektor pertanian, kondisi tanah sebenarnya kurang baik untuk dimanfaatkan untuk  bercocok tanam

Hutan yang terdapat pada kawasan Pantai Kuwaru menurut yang dikategorikan Sasakala 2010 termasuk dalam jeinis hutan homogen karena hanya ditanami 1 jenis tanaman yaitu jenis Cemara Udang. Hutan tersebut jika digolongkan menurut asal tanahnya merupakan hutan pantai. Hutan pantai terdapat di  sepanjang pantai yang kering, berpasir, dan tidak landai, seperti di pantai selatan Jawa. Pantai Kuwaru merupakan pantai dengan ombak yang cukup besar, sehingga pada bagian pesisir sering terkikis oleh ombak yang datang sehingga menyebabkan kawasan pesisir pantai Kuwaru rusak dan memprihatinkan. Oleh sebab itu Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam MAHAMERU UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA melakukan konservasi, bersih pantai dan yang terpenting ialah tanam pohon pada tanggal 3 Desember 2011. Penanaman pohon dilakukan disepanjang jalan pesisir dan sekitaran perumahan penduduk. Diharapakan dari kegiatan tanam pohon ini dapat memperbaiki kondisi pantai Kuwaru kembali.

Oleh :
Pebri Nurhayati
Mahasiswa Pendidikan Geografi UNY




6 komentar:

  1. wahh, ada fotoku dipajang diblognya ebi,,
    #terima kasih udah berani melakukan hal beresiko ini.. hehe

    BalasHapus
  2. hwhw..
    aslinya agak ragu jg ni, wkwkw
    bayar ya .. (papacrazy) hihi
    #mahasiswa cari duit :D

    BalasHapus
  3. foto inyong ndie?...... (protes sambil ngunyah gorengan)

    BalasHapus
  4. haha,tu keliatan sparo? wuahaaha..
    mau, mau gorengan :D

    BalasHapus
  5. Ebi kmu tu yang di fb @eri splaf bukan,, ternyata blog mu kerenn juga,, peduli lingkungan itu TOP bgt,, suka dehh,, pokoknya anak Geografi harus peduli lingkungan,, h h.

    BalasHapus
  6. hehe iya mbak amin, thanks
    tapi sekarang sudah ganti nama aslinya pebri nurhayati :)

    BalasHapus