Senin, 15 April 2013

I AMSTERDAM (Innovation and Ambition From Amsterdam) : BELANDA


Apa yang membuat sebuah negara unik?                              
Inovasi. Inovasi merupakan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada. Manusia dengan lingkungan terbuka dan dinamis adalah yang mampu melakukannya. I AMSTERDAM, I AM UNIQUE.

Itulah singkatan yang terbukti dengan adanya karya-karya hebat Belanda. Orang Belanda suka berinovasi, dan berdiskusi untuk mengeluarkan ide-ide baru.
Kita tahu Dutch famous as tulip country, berbagai warna dan keindahan yang ditampilkan oleh bunga tulip berhasil dikembangkan oleh Belanda. Keukenhof also known as the Garden of Europe, is the world's largest flower garden. Tahukan bunga tulip mana yang sangat disukai wisatawan dan memiliki nilai jual tinggi?

Queen of the night. Bunga tulip hitam memiliki harga tinggi dan disukai wisatawan. Tahukah bahwa bunga tulip berwarna hitam karena terserang virus yang disebut pematahan warna akibat terjangkit tulip breaking virus dan pertama kali dijelaskan tahun 1576 oleh Carolus Clusius, seorang profesor Flemish Botany di Leiden. Namun bukanlah masalah, Belanda justru mampu mengubahnya menjadi bunga yang memiliki daya tarik tinggi. Fakta menarik lainnya, menurut hasil penelitian, jika sewaktu bunga belum mekar bagian bawah kuncup bunga ditusuk hingga tembus dengan jarum, gas etilen akan diproduksi oleh bunga yang terluka sehingga masa mekar bunga menjadi lebih panjang. Inilah salah satu bukti Belanda sebagai negara yang inovatif.

Tidak cukup demikian, Belanda yang memang sudah banyak berinteraksi dengan sepeda, berinovasi dengan menciptakan conferencebike karya seniman Eric Staller dan diproduksi oleh Velo.Saliko yang memiliki tujuh kursi beserta pedalnya dengan satu pengendali setir agar dapat digunakan secara massal.
Belanda juga menciptakan kursi bernilai jual tinggi, salah satunya adalah Rag chair (kursi no 3 pada gambar) karya Tejo Remy, desainer interior yang telah diakui dunia internasional. Kursi ini berlapis 15 kain dan uniknya dapat memanfaatkan pakaian yang tidak terpakai.

Cubic Houses. Hasil karya arsitektur Piet Blom tahun 1970 berbentuk unik, desain ambisius, dan gaya yang berbeda sebagai smart living untuk memecahkan permasalahan pembangunan rumah diatas jembatan penyebrangan. Rumah kubik di Rotterdam dan beberapa di Helmond, Belanda adalah kumpulan rumah membentuk geometri kubus. Faktor menarik adalah bagaimana rumah dijaga agar tidak jatuh.
Inovasi yang lebih mencengangkan ialah Maeslantkering (konsep yang disebut model polder), yaitu dua gerbang besar yang bisa dibuka tutup dengan ukuran sebesar Menara Eiffel untuk melindungi kota Rotterdam dari kenaikan permukaan air laut dan banjir, sejak akhir tahun 1990-an.

Maeslantkering terbuka
 Maeslantkering tertutup
Maeslantkering menutup otomatis ketika tingkat air naik sekitar 3 meter di atas normal. Berdasarkan perkiraan dan deteksi para ahli air Belanda, ini akan terjadi setiap 10 tahun sekali dan setelah tahun 2050 akan terjadi setiap 5 tahun sekali.
Ambisi positif karena inovasi yang dimiliki Belanda, mampu menjadi negara perekonomian urutan 16 dunia. Diantaranya Royal Dutch Shell plc perusahaan energi utama dunia. Shell menjadi salah satu dari 4 besar perusahaan swasta minyak dan gas di dunia, lalu Koninklijke Philips Electronics N.V. yang lebih dikenal Philips ialah salah satu produsen elektronik terbesar di dunia.

Itulah bukti Belanda adalah bangsa yang inovatif. Banyak karya yang dihasilkan dan dikagumi oleh seluruh dunia. Semoga kitapun mampu menjadi bangsa yang memiliki inovasi tinggi, mandiri dan mampu berkarya di dunia Internasional.

Referensi :
http://gambaralam.com/foto-sekuntum-tulip-hitam.html

4 komentar:

  1. dank u. ganbatte ne. negeri van oranje, bismillah semoga bisa merasakan study disana, amin ya rabbal alamin :)

    BalasHapus
  2. bagaimana bisa negeri kita maju seperti Belanda, angkatan kerja yang lulusan perguruan tinggi aja baru 6 persen ...

    BalasHapus
  3. AWESOME... semoga Indonesia bebas korupsi, sehingga bisa meningkatkan pembangunan disegala bidang, dan memiliki orang-orang yang selalu optimis

    BalasHapus