Senin, 06 Mei 2013

Asking Why?

Berbagai macam masalah yang ada disekitar kita ini, baik sosial dan yang lainnya ngga ada habis-habisnya yang ngebuat kita geregetan dan kadang gak habis pikir, kan. Kita sering sekali mengeluhkan hal itu, Kenapa sih, Indonesia banyak korupsi? Kenapa sih, Indonesia masih sering macet? Kenapa sih, Indonesia fasilitasnya ngga memudahkan masyarakat? Dan kenapa-kenapa yang lainnya.
Seharusnya, dari masalah-masalah tersebut, kita bisa memunculkan pertanyaan, “Kenapa?” dan mencoba untuk mencari jawabannya. Kenapa bisa seperti ini? Kenapa bisa seperti itu? Kenapa masalah ini bisa muncul? Dan hal tersebut tentunya akan memunculkan penyebab dari masalah tersebut, ngga sekedar keluhan aja.
Jammie Allen bahkan pernah menuturkan, “If  you want to be successful, ask why? Why not? Why not Me? Why not Now”? Jika kita kaitkan dengan pertanyaan-pertanyaan ini dengan keluhan-keluhan diatas tentunya memiliki hubungan yang akan berdampak nantinya.

Dan tentunya jika kita sudah tahu penyebabnya, kadang kita masih berdiam saja dan tidak terpikir untuk tidak bergerak. Sering kita merasa ngga pede dan ngga akan berhasil dengan apa yag akan kita lakukan dan percayai. Kita merasa rendah dengan kapabilitas yang kita miliki dan takut untuk gagal.
Paul Arden menyampaikan “The person who doesn’t make mistakes is unlikely to make thing.”
Begitu pula dengan Benjamin Franklin juga pernah bilang “I haven’t failed, I have had 10.000 ideas that didn’t work.” Jadi, kalau kamu punya ide, kenapa tidak? Atau, kamu juga bisa belajar dari best practices yang ada dari orang lain. Siapa tahu sudah ada yang pernah memikirkan hal serupa dengan kamu, atau bahkan sudah ada yang melakukan aksi nyata dan mampu menghasilkan nilai-nilai positif.

Why Not Me?
Seringkali kalaupun sudah tahu dan punya semangat untuk melakukan perubahan dan memberikan solusi atas suatu masalah, semangat itu hanya disimpan paling pol itu dibayangkan saja. Padahal, kenapa kita ngga coba buat share sama teman yang lain yang punya visi serupa. Siapa tahu akan ada banyak gagasan, ide dan masukan bahkan solusi yang mampu dikumpulkan. Gimana gak asyik tu malahan?!
Kalau kata Mahatma Gandhi, “Be the change you want to see.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar