Selasa, 01 Januari 2013

SAVE OUR ENVIRONMENT

Lingkungan yang hijau tanpa sedikitpun sampah merupakan dambaan bagi setiap orang yang peduli lingkungan. stop! ingat ya bagi setiap orang yang peduli lingkungan, perlu digaris dulu!. Sering timbul pertanyaan, kenapa si mesti peduli sama lingkungan? kenapa mesti susah-susah mikirin lingkungan? apa untung ruginya buat kita?#benar-benar memekakan telinga! Okok, sepertinya mesti saya jelaskan sedikit ya kenapa si mesti peduli sama lingkungan? kenapa mesti susah-susah mikirin lingkungan? apa untung ruginya buat kita?. Sekarang kita tinggal dan hidup dimana? Yups, di bumi. Bumi ada apa aja? bumi ini punya siapa? betul-betul di bumi ada kehidupan, ada mahluk hidup, ada tumbuhan ada segala macam berarti tidak hanya manusia saja y?#ingat-ingat lo! terus kenapa dengan mereka? masalah buat gue? :D . Bukan gitu, tadi telah dijelaskan bahwa yang ada di bumi ini ada mahluk selain manusia, ada segala macam selain manusia jadi selain kita masih banyak mahluk yang membutuhkan ketenangan dan kebaikan dari alam, terus bumi ini punya siapa? betul bumi ini merupakan salah satu karya sang Pencipta yaitu Allah SWT. Sekarang apa korelasinya?#makin ribet ya. Karena, bumi ini merupakan ciptaan Allah kita patut menjaga dan mencitainya# memang kita bisa bikin bumi? selain dijelaskan dalam Surah Ar-Rum ayat 41 tentang perintah menjaga lingkungan (subhanaAllah ya, di dalam AlQuran saja ada). Ini dia terjemahan Surah Ar-Rum:41 :
“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.
Pengertian menjaga kelestarian lingkungan hidup

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata lestari artinya tetap selama-lamanya, kekal, tidak berubah sebagai sediakala, melestarikan; menjadikan (membiarkan) tetap tidak berubah dan serasi : cocok, sesuai, berdasarkan kamus ini melestarikan, keserasian, dan keseimbangan lingkungan berarti membuat tetap tidak berubah atau keserasian dan keseimbangan lingkungan.

Menurut Prof.Dr.Otto Soemarwoto, Lingkungan adalah jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita. Menurut UU No.4 Tahun 1982 tentang pokok-pokok pengelolaan Lingkungan Hidup, jumto UU No. 23 Tahun 1997, Pasal I bahwa lingkungan adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk lainnya.

Menurut Prof. Dr. Emil Salim Lingkungan Hidup adalah segala benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi hal-hal yang hidup termasuk kehidupan manusia.
Pelestarian lingkungan hidup adalah rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan agar tetap mampu mendukung kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
Dan hal tersebut berbeda sekali dengan kejadian yang saya temui, ketika itu saya akan menghadiri acara bersama mahasiswa persatuan Joglo Seto. Di perjalanan kami dihinggapi macet, hingga menunggu lumayan lama, ketika sedang menunggu tiba-tiba dihadapin kami ada bus besar yang berhenti lalu seorang supir keluar, dan apa yang terjadi sopir tersebut mengeluarkan sampah dari dalam mobil kejalan. Tanpa rasa dosa dan bersalah, tanpa perasaan dan kepedulian kemudian sampah tersebut ditinggalkannya saja. saya benar-benar tercengang melihat kejadian tersebut, seorang manusia sudah tidak peduli lagi menjaga lingkungan, mereka meninggalkannya begitu saja.
Padahal setelah saya lihat bus tersebut merupakan salah satu bus pariwisata terbesar di Indonesia.
Yang perlu kita ingat lagi ialah mari kita tingkatkan lagi kesadaran kita pada lingkungan juga kepeduliaan kita akan lingkungan, jika bukan kita siapa lagi yang akan menjaga lingkungan. Akankah kita melakukan sesuatu ketika semua itu sudah terlambat!# Jadi sahabat mari jangan lakukan itu, cintai lingkungan kita! terlalu rendah mental dan harga diri kita jika kita tidak peduli lingkungan hidup kita.


Oleh :
Pebri Nurhayati
Mahasiswa Pendidikan Geografi UNY

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar