Sabtu, 12 Januari 2013

It's about Holland


Pertama kali saya sebut Holland, apa yang kalian bayangkan?
Amsterdam, Belanda, Deutch, Neterlands.
Gak ada yang salah dengan hal tersebut, memang Holland itu memiliki banyak sebutan yang tidak salah.
Mungkin juga kalian akan menjawab tulip, sepeda, kota di atas air, keukenhof. Itu juga tidak ada yang salah.
It's okay, teman-teman kita mulai dengan perkenalan dari negara Holland atau sebut saja Belanda.
Belanda (bahasa Belanda : Koninkrijk der Nederlanden, secara harfiah berarti "Kerajaan Tanah-Tanah Rendah") adalah sebuah negara di Eropa bagian barat laut. Di sebelah timur negara ini berbatasan dengan Jerman, di sebelah selatan dengan Belgia dan di sebelah barat dengan Laut Utara.
Belanda merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia dan kebanyakan tanahnya berada di bawah permukaan laut. Belanda juga terkenal dengan dijk (tanggul), kincir angin, terompa kayu, tulip dan sifat terbuka masyarakatnya. Sifat liberalnya menjadi sebutan masyarakat internasional. Belanda juga menjadi tempat kedudukan Mahkamah Internasional. Amsterdam merupakan ibu kota Belanda dan Den Haag pusat administrasi dan kediaman Ratu Belanda.
Sekarang  kita mulai dengan jelajahi flower field yang ada si Holland yuk.
1. Tulip Festival
 Merupakan festival tulip yang diadakan dengan tujuan memperkenalkan ladang tulip kepada para pengunjung, terutama di Noordoostpolder.

2. Keukenhof
Siapa yang tidak kenal keukenhof, tempat terbaik untuk melihat bunga tulip di Belanda. Keukenhof adalah taman dengan 7 juta bulbs bunga dikelilingi oleh ladang tulip.

3. Flower Parade Zundert

Parade bunga Zundert merupakan kejutan setiap tahun dengan kreasi unik dan parade bunga yang indah. 

4. Flower Parade



Merupakan parade terbesar dan terhebat yang diadakan di Holland.

Kesimpulannya, Flowers in Holland itu The striking colors of the flowering tulip bulbs are a typical sight in Holland during the spring. The bright red, pink and yellow colors are overwhelmingly beautiful and are a must see, or should we say, a must experience!

Selesai menjelajah flower field, sekarang kita lanjut ke transportation yang ada di Holland yuk.
Transportasi menjadi hal yang sangat penting ketika kita ingin menjelajahi suatu tempat terutama ketika kita berada di negara lain ya. Ini ni beberapa transportasi yang ditawarkan ketika kita menjelajahi negara Holland. Check at Out!

Transportation in Holland
1. Kereta Api

Menjadi salah satu transportation yang paling digemari di Holland, selain aman, ramah lingkungan, dan mudah tentunya juga lebih mudah. Negara Belanda memiliki sistem transportasi kereta api yang sangat modern, dimana trsanportasi ini dinaungi oleh NS yaitu perusahanaan jasa perkeretaapian negara Belanda. Kereta api merupakan pilihan utama bagi penduduk Belanda yang bekerja di luar kota. Mereka lebih memilih untuk memarkir kendaraan pribadinya di stasiun terdekat,lalu kemudian menggunakan jasa kereta api untuk menuju ke kota lain. Kereta api di Belanda berjalan hampir 24 jam khususnya di kala weekend. Pengguna jasa kereta api bisa mulai menggunakan jasa ini sekitar pukul 6 pagi dengan jadwal yang akan sedikit berbeda setiap harinya. Khusus untuk jadwal kereta api, pengguna dapat mengakses langsung jadwal kereta api sekaligus koneksi kereta apinya melalui situs resmi NS yaitu http://www.ns.nl. Dengan menggunakan situs tersebut, saya dapat mencatat dan membuat trip dengan nyaman dan tentunya tidak terdapat keterlambatan sedikitpun berdasarkan jadwal yang ada di website tersebut.

2. Bus



Merupakan salah salu transportasi yang mudah didapatkan dan bus, langsung terkoneksi dari setiap pintu keluar stasiun menuju tempat tujuan yang diinginkan. Bus dibelanda memiliki nomer masing-masing dengan tujuan yang berbeda setiap nomernya. Sehingga pengguna bus diharapkan sudah mengetahui nomer bus yang akan mengantar mereka ke tempat tujuan dan tempat pemberhentian bus di halte masing-masing.


3. Sepeda
Sepeda menjadi pilihan tersendiri ketika kita ingin pergi ke kampus, belanja keperluan sehari-hari dan menjelajahi kota Holland. Sepeda begitu banyak digunakan di Holland.
Setelah kita lihat, kesadaran dan penyediaan transportasi sangat baik ya teman-teman. selain mudah didapat tentunya ramah lingkungan.

Setelah menjelajah flower field dan transportasi di Holland, saatnya sekarang kita mencari tahu pendidikan di Holland, kenapa banyak mahasiswa Indonesia yang ingin dan studi di Holland.

Pendidikan Holland
Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa mereka yang pernah studi di universitas atau institusi pendidikan tinggi Holland memiliki kinerja yang sangat baik di manapun mereka berada.  Untuk negara kecil seperti Holland, orientasi internasional, termasuk pendidikan dan pelatihan merupakan keharusan untuk dapat bertahan di tengah arus dunia yang semakin internasional.

Sitem Pendidikan Holland
Di Holland tersedia dua jenis pendidikan tinggi reguler yang utama: universitas dan University of Applied Sciences. Universitas melatih para mahasiswanya untuk menggunakan ilmunya secara mandiri. University of Applied Sciences, yang di Holland dikenal dengan sebutan Hogeschool, lebih berorientasi ke praktek; para mahasiswa langsung diarahkan untuk meraih jenjang karir di bidangnya. Holland juga memiliki lembaga Institut Pendidikan Internasional  yang sudah sejak lama menawarkan program-program yang dirancang khusus bagi mahasiswa asing.

Biaya Pendidikan Holland

Pendidikan di Belanda tidaklah gratis namun biaya kuliah relatif rendah dibandingkan dengan di negara-negara berbahasa Inggris lainnya.
Pemerintah Belanda bertujuan membuat Pendidikan Tinggi Belanda dapat diakses dengan mudah oleh mahasiswa dan profesional muda dari berbagai negara.
Biaya kuliah untuk program gelar atau course pada institusi pendidikan tinggi Belanda berkisar €1,771 untuk mahasiswa asal negara-negara anggota Uni Eropa. Secara umum, biaya kuliah untuk mahasiswa non EU berkisar antara EUR 5,500-8,000 untuk jenjang Bachelor dan antara EUR 9,000-14,000 untuk jenjang Masters.

Bisa kita baca ya teman-teman Holland merupakan salah satu negara non berbahasa inggris pertama yang menawarkan program study berbahasa inggris. Selain itu, Holland juga memiliki kualitas pendidikan yang baik di kancah internasional ditambah dengan biaya pendidikan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara berbahasa inggris lainnya. Tentunya ini menjadi salah satu dan banyak alasan kenapa banyak mahasiswa Indonesia terutama yang melanjutkan study ke Holland.

Semoga dari sedikit tulisan ini banyak membantu dan bermanfaat buat temen-temen semua. Thanks for read this blog and see u.

Oleh : Pebri Nurhayati Mahasiswa Pendidikan Geografi UNY
Sumber gambar : google.com

2 komentar:

  1. makasih buat informasi, ini bisa jadi tempat untuk bulan madu nanti

    BalasHapus
  2. welcome, amin yarabb.. insyaallah asal berusaha pasti bisa, saya juga punya keinginan berbulan madu ke holland :)

    BalasHapus